Friday, March 30, 2012

Terlalu Banyak Memendam Rahasia Bikin Badan Cepat Lelah


 Bukan cuma menyiksa pikiran, kebiasaan untuk memendam rahasia seorang diri juga bisa memberikan dampak secara fisik. Menurut penelitian terbaru, badan akan terasa lebih cepat lelah jika pikiran sedang banyak menyimpan rahasia penting.


Penelitian yang dilakukan di Tufts University ini mengungkap bahwa seseorang yang menyimpan rahasia akan merasa lebih sulit saat harus melakukan sesuatu. Efeknya paling terasa jika rahasia itu sangat penting, misalnya menyangkut orientasi seksual dan perselingkuhan.

Dalam penelitian itu, sejumlah partisipan diberitahu rahasia-rahasia penting dan diberi pesan agar informasi tersebut jangan sampai bocor ke telinga orang lain. Sebagian lainnya juga diberi informasi rahasia, namun tingkat kerahasiaannya lebih rendah karena tidak terlalu penting.

Setelah itu, para partisipan dihadapkan pada sebuah tanjakan dan diminta untuk memberi penilaian. Partisipan yang menyimpan rahasia penting cenderung menilai tanjakan itu lebih terjal daripada partisipan yang hanya menyimpan rahasia tidak penting.


Sementara dalam eksperimen berikutnya, sekelompok partisipan kembali diberi informasi rahasia soal perselingkuhan yang dilakukan oleh rekannya. Sebagian lagi juga diberi informasi rahasia dan diminta agar tidak bocor ke orang lain, bedanya hanya pada tingkat kerahasiaannya.

Jika pada eksperimen pertama hanya diminta memberi penilaian, partisipan pada eksperimen kedua ini benar-benar diminta untuk mengangkat belanjaan melewati anak tangga. Hasil pengamatan menunjukkan, partisipan yang menyimpan rahasia penting butuh usaha dan tenaga lebih besar untuk melakukannya.

"Makin penting rahasia yang dipendam, makin banyak aksi dan persepsi yang terpengaruh misalnya ketika harus mengangkat beban," tulis para peneliti dalam laporan ilmiahnya seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (27/3/2012).

Sementara itu penelitian lain menunjukkan, 1 dari 10 perempuan mengaku tidak bisa menyimpan rahasia penting karena secara psikologis sangat membebani. Hampir 50 persen mengaku butuh menceritakannya minimal pada 1 orang yang dipercaya dan itu dilakukan dalam 32 menit setelah menerima informasi rahasia.

0 comments:

Post a Comment

berikan lah komentar yang baik dan selayak nya , jangan menggunakan kata - kata kasar atau kata - kata yang kurang baik . dan jangan sungkan untuk bertanya karna pihak ADMIN akan menjawab jika kami tau.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More